Langsung ke konten utama

Being 17


Jadi anak usia 17 tahun itu... susah. 
Soalnya mulai harus ngurus KTP, dan bikin SIM,

Jadi anak usia 17 tahun itu... mesti belajar. 
Belajar buat ngurusin segala hal yang biasanya diurus ama orang dewasa. Misalkan kayak ngurus samsat motor, plus bayar pajak motor.

Jadi anak usia 17 tahun itu... ribet. 
Tiap mau pergi mesti mikir-mikir lagi perkara outfit. Namanya aja outfit, pergi ke luar dengan pantas. Kira-kira pakaian yang dikenakan udah pantas atau belum ya, dipakai ke luar? Masa iya mau pergi ke Mall dengan tampilan santai seperti ke warung tetangga sebelah? 

Jadi anak usia 17 tahun itu... harus mandiri. 
Mulai melakukan hal-hal untuk diri sendiri. Sebisa mungkin untuk bisa menyelesaikan problem sendri dan mengurangi bergantung sama orang lain.

Jadi anak usia 17 tahun itu... gak bebas. 
Setidaknya kita udah gak bebas untuk ngelakuin hal yang pernah kita lakuin pas masih kecil. Semisal, tantrum ke orang tua kalau acaranya gak asik sedangkan perginya barengan. 

Jadi anak usia 17 tahun itu... wajib tau malu. 
Gak masalah sih kalau malunya cuma kena diri sendiri doang. Kalau sampai nama baik orang tua jadi taruhannya, emangnya mau? Yakin sanggup? 

Jadi anak usia 17 tahun itu...  mulai banyak yang dipikirin. 
Maklum udah mulai belajar untuk menyusun rencana dan keputusan-keputusan dalam menjalani hidup yang akan ditanggung sendiri risikonya. 

Jadi anak usia 17 tahun itu... mulai menghadapi banyak masalah. 
Masalah yang satu belum kelar, eh udah muncul masalah baru.


Well, jadi anak usia 17 tahun sih emang banyak suka dukanya. Tergantung mau menghadapinya dengan santai atau keluhan. The choices are yours.

Tapi, selama yakin sama diri sendiri, dan yakin dengan jalan yang telah ditentukan Tuhan, Insya Allah, semua menjadi lebih mudah. Jadi sebenernya, gak perlu takut untuk menjadi remaja berusia 17 tahun. Ini baru awal. Ya... meskipun status kita mulai berganti dan ada sedikit gak ikhlas untuk melepasnya (baca: status sebagai anak-anak).

Selama kamu percaya akan bisa melaluinya, selama itu pula kamu akan dimudahkan. Ingat, ada Allah yang akan menunjukkan pilihannya padamu. Tinggal kamu yang menentukan. Selamat menjadi 17 😊😃

Note: 
  • Terima kasih kepada Allah yang telah membimbingku menjalani hidup ini. Tanpa petunjukmu, mungkin aku gak akan pernah tau caranya bersyukur atas nikmat yang telah kau berikan.
  • Terima kasih juga for my beloved parents yang udah jadi temen keluh kesah saat ada masalah, makasi juga udah diomelin. Kalo gak gitu mungkin aku gak akan pernah tahu mana yang benar dan mana yang salah. Mana yang seharusnya dan mana yang gak sepatutnya.
  • Makasi buat temen-temen yang udah ikut hadir mewarnai kehidupanku. Baik temen masa tk, sd,smp, sma, ama tetangga. You're rock my world
  • Makasi juga buat yang udah baca pos ini. Semoga kalian bisa mengambil inti dari setiap ceritaku. Buat yang udah lewat dari 17, mungkin pos ini bisa dijadiin bahan renungan untuk menjalani kehidupan selanjutnya di umur yang baru berganti. Saran dari kalian tetep diperluin

Akhir kata... Selamat malam

Komentar