Langsung ke konten utama

Romansa dalam Lembaran Kain



Sebenarnya rada telat sih untuk menceritakan ini sekarang. Sebab cerita kali ini terjadi beberapa bulan yang lalu. Tepatnya, ketika aku sedang sibuk mempersiapkan salah satu perintilan pernikahan.

Apa? Pernikahan?

Iya. Kalian gak salah baca kok. Emang saat itu aku sedang mempersiapkan kebutuhan untuk pernikahan. Bukan pernikahanku sih tepatnya.

Nah... Entah karena emang udah kelamaan menyendiri, atau emang kurang hal manis-manis dalam hidup, beberapa kejadian sembari mencari sepotong kain ini membuatku sensitif alias jadi gampang baper (bawa perasaan) padahal cuma hal kecil doang. Apalagi, ini bukan persiapan pernikahan sendiri. 

Singkat cerita, kisah ini dimulai ketika aku memasuki kawasan pertokoan kain di Denpasar. Emang, sedari menjelajahi satu persatu toko, mataku gak berhenti mengamati gulungan-gulungan kain yang dipamerkan dengan beragam warna, jenis, ataupun motifnya, walaupun cuma dari emperan toko sih. Begitu juga ketika memasuki toko pertama ini.

Sebenarnya, gak ada yang spesial dari cuma ngeliatin deretan kain tersebut sambil ngebayangin, 'Ini kain bagus gak yak dibuat kemeja/rok?' 

Terus spesialnya apaan? Sabar. 
Yang spesial itu, nasi goreng pakai telor 2 buah. Apasih? 😑

Ketika lagi asik ngeliatin deretan kain itu sambil milih bahan buat bikin kebaya, aku melihat seraut wajah yang gak asing. Iya, gak asing. Sayangnya, aku gak kenal siapa orangnya. Gimana mau kenalan? Aku cuma sering lihat orang ini di masjid dekat kampus tanpa pernah ngobrol. Sama sekali gak pernah terjadi interaksi. 

Anehnya, orang ini bikin aku penasaran padahal cuma berulang kali ketemu sepintas. Jiah... Penasaran. Bukan jenis penasaran yang naksir gebetan gitu sih. Bukan. Gak percaya? Udahlah, percaya aja. 

Terakhir kali aku ketemu orang ini bukan pas di masjid lagi. Tapi pas acara wisuda. Itupun juga gak sengaja ngeliat dia, waktu aku lagi asik selfie sama temen yang lagi wisuda. Aku sempat berpikir, mungkin aja itu bakal jadi terakhir kalinya aku lihat dia. Sebab, dia juga ternyata adalah salah satu orang yang diwisuda hari itu. 

Btw, mungkin aja dia gak ngeh. Atau tepatnya sih gak akan peduli. Wong selama beberapa kali berpapasan, kejadiannya kurang dari semenit. Aku gak yakin dia ingat berulang kali ngeliat aku ada di masjid dekat kampus. Terbukti, ketika aku udah selesai milih kain dan kebetulan dia yang jaga meja kasir. Gak ada raut wajah kaget waktu melihat aku. Benar-benar tampang yang datar dan lempeng aja. Ya... memang harus bagaimana lagi?

Yupp... Ternyata dia adalah orang yang punya toko (atau mungkin masih kerabatnya orang yang punya toko). Bahkan sampai saat tulisan ini diterbitkan, aku gak pernah tau namanya siapa. Terus... Kenapa gak kenalan?

Hehehe... Buat apa? Toh juga raut wajahnya waktu itu kayak orang yang lagi bete nunggu waktu berbuka puasa yang masih luaaaammaa. Mana enak buat sekadar diajak basa basi? Lagian, akan jadi aneh kalo seandainya saat itu juga aku tanya namanya. Meskipun emang 'aneh' udah jadi ciri khasku, tetap aja, untuk yang kayak gini masih jadi pengecualian. Mana tau dia langsung ngerasa creepy kan ketemu cewek yang tiba-tiba langsung sok kenal sok akrab? Hehehe... 

But at least, I know how to find him. Wkwkwk. Ya Allah, kenapa mendadak jadi kerasukan jin genit gini sih?

Itu baru cerita pertama. Kepanjangan yak? Gak papa... Hitung-hitung ngabisin waktu baca, kan?

Kejadian lainnya adalah waktu nyari bahan untuk bikin bawahan yang pas buat kebaya. Hehehe... Ini masih cerita soal berburu kain sih. Cuma di toko yang berbeda dan dengan orang yang berbeda pula. 

Oke, aku sempat memasuki sebuah toko, dan di toko itu, aku menemukan bahan yang kira-kira bakalan cocok sebagai bawahannya (rok) untuk kebaya. Tetapi, karena mau coba cari yang lain dulu, jadi kami memutuskan untuk menjelajah toko lainnya. 

Yang namanya rejeki gak kemana, seberapapun mencari, sebanyak apapun mengunjungi, sejauh apapun harus mengelilingi, kalau udah cocok sama satu pilihan, pasti akan kembali pada pilihan tersebut. Begitu juga kami yang memutuskan untuk kembali lagi ke toko itu. Gimana gak? Cuma motif itu yang terbayang. Cuma itu yang rasanya pas. Jadi, ya gitu.

Tapi aku benar-benar gak nyangka. Ternyata si Bapak pemilik toko itu, masih ingat dengan kami. Iya. Dia ingat. Berarti, si bapak merhatiin banget dong apa yang sebelumnya kami lakukan di sana pas debat pilih kain? Ya Allah... Semoga gak ada kekonyolan yang terjadi pas debat itu. 

Sambil memotong kain yang akhirnya dipilih, Bapak itu sempat mengira bahwa kami gak akan balik lagi ke toko itu. Walaupun selanjutnya, si bapak cerita tentang dia, tokonya, dan juga anaknya yang baru lulus (kebetulan anakanya disitu sih, bantu bapaknya). Selama percakapan, bapak itu emang ramah banget ke pelanggan. Ibarat kata, seperti bertemu teman lama, cerita kemana-mana sampai lupa tujuan awalnya apaan. 

Yang bikin aku terenyuh itu, ketika si bapak sempat curhat kalau dia mengira kami gak akan balik lagi ke tokonya. Padahal, bukankah yang namanya pembeli, saat memilih barang, apalagi di deretan toko yang memiliki kesamaan barang yang dijual, adalah wajar untuk pergi dan gak kembali? Adalah wajar aja bila pedagang gak terlalu mengingat pembelinya yang berlalu, kan? Tapi... Itu kok... Argh... Kenapa dengan mengingat hal ini membuatku tersentuh sendiri? Udah kayak habis digombalin gebetan aja. Atau ketika doi perhatian sama kita walaupun itu gak berarti apa-apa bagi dia? Kenapa jadi diambil hati gini sih?

Well... Intinya baru kali ini sih, perjalanan beli kain menurutku something sekali. Cerita yang sebenarnya sederhana. Tapi entah kenapa, kalau dipikir-pikir lagi, bisa bikin senyum gak hilang-hilang dari wajah. Ah elah... Segini bapernya. Udah kayak orang yang lagi jatuh cinta aja.

Komentar