Langsung ke konten utama

Bingung Menulis? Ini Tipsnya...


Pernah gak sih kalian ngalamin yang namanya kebingungan pas nulis? Wah, kalau begitu sama dong kayak aku. Yap... kebingungan saat menulis emang gak jarang dialamin orang yang lagi nulis apalagi yang baru belajar nulis. Hmm, maksudnya bukan belajar nulis huruf, walaupun ada beberapa karakter huruf yang susah ditiru macam kanji atau huruf hijaiyah (Arab). 

Belajar nulis yang dimaksud ini adalah seperti nulis artikel, postingan, cerpen, makalah, atau lainnya. Kebingungan itu sendiri bermacam-macam. Bisa pas nentuin tema, alur (kalau di cerpen) atau isi, judul, atau bisa jadi pas mau ngelanjutin tulisan yang sebelumnya udah ditulis, trus lupa mau nulis apalagi. Eh, bener gak...?

"Kalau udah kayak gitu terus gimana caranya biar lancar nulis?"

Tenang, nih ada beberapa cara yang dapat dilakukan pas bingung. Mulai dari tema, alur/isi, dan judul:
  • Tentuin tema/topik apa yang mau dibahas. Hal ini penting banget. Setelah itu tinggal cari bahan untuk menulis (khususnya untuk bikin artikel, postingan, atau makalah).
  • Baca bahan-bahan yang udah didapetin, setelah itu mulai aja menulis setelah mendapatkan pangsit wangsit.

  • Kalau sebelumnya udah nulis dan mau ngelanjutin tulisan yang udah dibuat tapi bingung ngelanjutin, baca lagi deh bahannya. Sabar ya :')
  • Ungkapin aja dulu apa yang ada di pikiran. Tulis aja apa yang didapatkan dari bahan yang dibaca. Karena kalau udah lewat, susah untuk diungkapin lagi :') 
  • Kalau udah, baca lagi tulisan yang udah jadi. Kalau ada salah, ya... diedit lah... :)
  • Kalau udah selesai editnya, baca lagi tulisannya berulang kali sampai dunia berhenti berputar. Gak deng, sampai ngerasa pede untuk publish tulisannya. Sekalian nentuin judul, kalo belum ada. 
  • Sedikit saran nih, buat nama judul yang gak biasa. Tujuannya cuma satu. Caper alias mencari perhatian orang biar ada yang baca apa yang udah kita tulis. Kasian kan kalo gak ada yang baca. Kecuali kalo kamu berniat kerja ikhlas :) 

Gimana??? Mau coba? Silahkan aja, guys. Gak ada yang ngelarang. Berkarya kan boleh saja, kalo ada perlunya. Itu begadang, Meg. -_-"

Hehehe... kalau mau ditambahin silahkan aja. Lumayan buat tambahan inspirasi postingan ini. Selamat menulis, selamat berkarya...  :D


Komentar