Langsung ke konten utama

Susahnya Jadi Tua


Hola guys. Aloha… 
Ciee yang akhirnya nongol lagi. Ciee… #apasihmeg? 

Pertama-tama, izinkan saya untuk mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah menurunkan ilham untuk menulis gaje lagi di blog ini. Bukan Ilham nama orang. 

Kedua-dua, terima kasih kepada kedua orang tua saya yang selalu support saya termasuk selalu mojok-mojokin saya dengan kata duit. Hehehe…peace. 

Ketiga-tiga, buat kamu yang membaca atau mungkin yang selalu menengok blog ini sekedar cek post terbaru ataupun menertawakan ke-gak jelas-anku selaku penulis. Ah… maaf kalian harus buang-buang waktu demi baca post gak jelas ini.

Kira-kira, udah cukup belum salam pembukanya segitu aja? Atau mau dipanjangin lagi? Kalo sanggup bacanya aku sih ayo aja. Kan aku tergantung kamu sayang #apalagiinimeg?

Anyway, Ada yang sedang menduga apa yang mau aku bahas? Atau ada yang kepo aku mau posting apaan?

Gak ada ya… ? Yaudah, aku bakalan tetap lanjutin aja sharing time kali ini. 

Well, di antara kalian adakah yang sudah bikin planning tentang kehidupan di tahun yang baru? Kalo aku sih belum, hehehe…

Ya, barangkali ada yang punya saran tentang apa yang harus dilakuin di tahun depan. Atau mungkin ada yang mau jadi someonenya aku di tahun ini? Eits… jangan mikir yang aneh-aneh dulu. Someone di sini maksudnya bagian dari cerita aku di tahun yang baru. Entah jadi penggemar, jadi haters, jadi teman, jadi adek-kakak-an, jadi pemerhati diam-diam sambil menyimpan kedongkolan kelakuanku, atau jadi jodoh juga bo… eh, jangan dulu. Aku belum siap dibawa ke pelaminan #lupakanyangini.

Jadi, setelah bersemedi lama, lama sekali, akhirnya aku mikir (akhirnya ada bukti otentik otakku bekerja pada fungsinya) jadi orang yang berproses untuk menjadi tua itu susah banget. Ribet bener sampai terkadang rasanya pengen balik ke jaman masih bocah dulu. Dimana kesulitan terbesar hanya sebatas tugas Matematika dan kena omel orang tua. 

Yang ini sih jelas gak mungkin. Sekalipun doraemon bener-bener jadi nyata dan punya alat yang bisa bikin balik ke jaman sebelumnya. Kuasa doraemon masih kalah sama kuasa Allah. Kalau Allah berkata 
jadilah, maka jadilah. Ciee dakwah… Skip. 

Berikut ini hasil penelitian dari persemedianku selama beberapa bulan terakhir. Insya Allah, kalo ada waktu lagi aku bahas di postingan selanjutnya. Itupun juga kalo inget. Okelah, check this out:

  • Mulai sibuk dengan banyak tugas. Yah, namanya juga tambah tua. Kegiatan juga pasti tambah banyak. Bahkan saking banyaknya, sampai gak ada waktu buat me time ataupun quality time dengan dia yang kita sayang. Ini juga nih yang bikin ortu sempet ngeluh karena jarang pulang atau berangkat pagi, pulangnya bahkan ampe malem-malem gitu.
  • Kalau udah sibuk kayak gitu, pasti pengennya punya waktu libur yang panjang buat mengistirahatkan badan yang kecapekan. Giliran udah dikasih waktu libur panjang, malah pengen punya kerjaan. Jadi sebenernya maunya apa sih? Tapi kalau kamu tergolong orang yang cukup seneng bekerja dan menyelesaikan tugas tanpa mengeluh, Selamat. You’re the real mvp. Ini bukti bahwa kamu tergolong orang yang konsisten.
  • Bener-bener mulai mikir yang namanya komitmen. Secara, kalau dikasih tugas ataupun kerjaan, atau mungkin diajak bikin project bersama, pasti ditanya kesediaan kamu untuk bertanggung jawab sama yang namanya risiko. Syukur kalo gak ditanya. Tapi pasti, ujung-ujungnya tuh ini. Soalnya, semacam ada kepercayaan tidak tertulis antara dirimu dengan orang yang diajak kerjasama. Yah, simpelnya sih kontrak gak tertulis. Ya, apalah dayaku yang masih labil untuk berkomitmen? Terlebih aku juga masih plin-plan gini. Lengkap sudah. 
  • Mulai berpikir untuk cari tambahan pendapatan. Udah gede kan? Kebutuhan makin banyak? Apalagi uang orang tua gak cukup untuk biayain dirimu seorang. Masih ada adekmu dan kebutuhan lain yang harus dipenuhi.  Pastilah mulai mikir gimana caranya bisa dapet uang. Solusinya? Jangan tanya. Aku pun masih cari jalan keluar buat ini. Pada akhirnya, banyak juga temen seusiaku yang mulai nyari-nyari kerja disela kesibukan kuliahnya. Entah jadi daily worker pas liburan, kerja part time di tempat tongkrongan anak muda, atau ada juga yang bantu tante atau keluarganya dagang secara online.
  • Sadar gak? Perlahan sikap kita juga mulai berubah. Entah itu perubahan yang arahnya lebih baik atau lebih buruk. Sebenernya perubahan ini sih akan terus berlanjut. Sampai habis waktunya hidup di bumi nanti. Kalau masih sendiri, inilah kesempatan baik untuk menjadi sebaik-baiknya manusia dengan meningkatkan kualitas diri atau nyaman sama standar yang gitu-gitu aja. Yah… asal jangan protes nanti kalo teman hidupmu pun standarnya juga amat sangat minimal. Pernah denger istilah jodoh itu cerminan diri kan? Well, everyone can choice the best for themselves sih. Bebas kok. Eh, kenapa jadi bahas jodoh dah? 
  • The last… padahal sepertinya masih banyak. Berhubung aku udah lupa apa aja yang mau ditulis, jadi ini yang terakhir. Pada akhirnya kamu akan berpikir, semua hal yang besar berawal dari langkah yang sangat sederhana bahkan mungkin gak sempat terlintas di pikiran. Cieileh… Oke. Mungkin terdengar klise, tapi inilah nyatanya. Aku sendiri juga gak tau kenapa bisa kepikiran hal begini. Udah banyak sih contohnya yang terjadi sejauh ini. Cobalah untuk kembali merefleksikan yang udah terjadi kalo lenggang. Cara lain untuk buktiin teori ini? Bacalah, kisah-kisah orang yang berhasil dan bagaimana mereka memulainya. 


Gimana? Udah capek bacanya belum? Kepanjangan ya? Maaflah yaw. Kamu kecapekan baca, aku kecapekan nulis. Bukankah ini suatu perpaduan yang serasi? 

Jadi aku istirahat dulu ya, melemaskan otot-otot di tangan saking semangatnya nulis beginian yang akhirnya... begitulah sambil menanti respon kalian. See you on the next post. Doain aja semoga aku ada ide lagi buat nulis plus waktunya tepat. Oke???


Komentar