Langsung ke konten utama

Menangis dan Berpelukan, Kenapa tidak?


Apa yang kalian pikirkan ketika melihat orang yang selama ini kalian anggap kuat ternyata menangis?
Lemah? atau cengeng? 

Jujur aja, mungkin persepsi seketika berubah melihat orang yang dianggap kuat dan seperti tak punya hati menangis. Meskipun demikian, ternyata menangis gak selamanya identik dengan kelemahan. Misal, Emak (Ibu) kita. Pernahkah melihatnya menangis? Baiklah, mungkin beliau sering menyembunyikan tangisnya. Oke, sekarang bagaimana bila di hadapanmu beliau menangis? Apakah artinya beliau lemah? Belum tentu. 

Mungkin saja airmatanya merupakan luapan emosi. Bukan selalu berarti kekecewaan dan kesedihan. Kadang bahagia pun bisa bikin air mata menetes. Bisa juga berarti harapan untuk diberi kekuatan kalau-kalau hati lelah menanggung beban.

Jadi, wajarkan bila menangis? 
Sepertinya selama masih punya perasaan, ini wajar. Tanpa memandang umur, jenis kelamin, status sosial, kekuatan, dan lainnya. Kalau dipikir-pikir, bukannya hal pertama yang kita lakukan ketika hadir di dunia adalah menangis? Eh iya juga, kenapa gak ketawa yak? 🤔

Menangis gak selalu berarti sedih. Pernah dengar bahkan orang terharu pun menangis
Awalnya aku pun gak ngerti bagaimana bisa, atau mungkin bagaimana rasanya. Hingga kemudian ikutan bahagia karena orang terdekat kita bahagia dan gak ada kata yang bisa mendeskripsikan itu, akhirnya membuatku paham gimana rasanya. Bahkan saking bahagianya, tanpa sadar air matapun menetes.  

Ajaibnya, perasaan itu bisa mengalir lebih cepat lewat sebuah pelukan. Apakah karena dengan pelukan, perasaan itu bisa saling terhubung antara yang satu dengan lainnya layaknya jembatan? Aihh... apa ini artinya aku harus menghindari pelukan biar gak ikut merasakan 😅? 

Dan hal ini, baru saja terjadi. Ketika sebuah pelukan bisa mengalirkan perasaan antara dua orang yang baru saja bertemu kembali. Hingga tanpa sadar, air mata pun ikutan menetes mengiringi.     

Let's us share our warmest hug to the people who need it. Because a hug is a bridge between two people feelings, so we can understand how they feel better. Also, a cry doesn't always means weakness, sometimes it is stronger than we ever think.


Dedicated to all sister that I've ever met and of course,
 all of the reader who read this post :D


Komentar