Langsung ke konten utama

Yakin Masih Mau Menunda?


Assalamualaikum semua… apa kabar? Gak bosen ketemu aku lagi kan? Eh… gak ketemu ya? Oke deh, gimana kalo ganti kata ‘ketemu’ itu dengan ‘baca’? *Emang gitu gak, Meg?

Sebelumnya ada cerita seru apa nih yang kalian alami hari ini? Ngomong-ngomong ini aja aku udah meluangkan waktu buat nyempetin nulis sih. Kesempatan yang sangat langka sekali, kan? Tumbenan lho. Setelah beberapa saat mencoba melarikan diri dari kejaran tugas yang sama sekali gak mau buat ditinggal. Duh, tugas aja bahkan gak mau diselingkuhin ya…   

Well, cerita kali ini berawal dari aku, yang sedang amat sangat jenuhnya terhadap tugas lalu mencari pelarian dengan membuka segala macam media sosial di hape. Pada akhirnya larut dengan dunia maya yang emang gak bisa banget jadi nyata, dan mengabaikan tugas-tugas yang udah menjerit secara halus meminta dituntaskan.

Setelahnya tau kan apa yang akan terjadi?

Ketiduran? Bukan…

Sekitar hampir setengah jam main di sosmed, ada notif yang tiba-tiba muncul. Biasa sih notifnya, ngingetin untuk jangan ketinggalan membaca ayat-ayat Quran pilihan yang rutin banget tiap hari. Udah kayak kamu aja yang rutin ngingetin aku makan selama 3x sehari. Tapi itu sih dulu… *eh, emang pernah ngerasain, Meg?

Oke skip….

Singkat kata, karena aku orangnya gampang banget penasaran. Ya udah deh click notifikasi itu. Dan…. Tertulislah sebuah ayat yang mampu menampar hati…. (ternyata gak cuma wajah aja ya yang bisa ditampar?)


'Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi” (Q.S. Al Kahfi (18):23)’

Ya itu… ayat di atas itu yang bikin aku tergerak buat nulis kali ini. Apalagi aku adalah tipikel orang yang nunggu ‘good timing to do something’. Maksudnya tuh jadi lebih mood ngerjain sesuatu itu kalau waktu dan suasananya mendukung. Alhasil, lahirlah sifat suka menunda itu.

‘Ah, udah… besok pagi aja dikerjain. Toh juga masih punya banyak waktu ini, kan?’

Pasti seringnya begitu kalo lagi males ngerjain tugas. Tunda, tunda dan tunda terus. Ya kalo besok masih punya waktu buat ngerjain. Kalo ternyata gak bisa karena ada tugas lain yang perlu dikerjakan, mau ngomong apa? Masih bisa bilang ‘Ah… masih bisa besok ini’? Atau kalo toh ada waktu, yakin bisa ngerjain saat itu juga? Belum tentu juga ada niat untuk ngerjain karena faktor males itu.

Emang masih yakin kalau bakal punya umur panjang buat ngerjain tugas atau kewajiban kita besok pagi? Kalo malam ini aja Tuhan memanggil sehingga besok gak bisa ketemu pagi lagi, emang mau bilang apa? Bukannya kita sama aja kayak ninggalin hutang? Apalagi yang namanya punya hutang mesti punya kewajiban buat bayar. Lah, kalau kita mati gimana mau bayar?

Ehehehe…. Sorry, bukannya bikin takut sih. Tapi emang kenyataannya begitu. Belum tentu juga kita ada kesempatan buat mengerjakan besok kan?

Nah, terus gimana caranya biar bisa terhindar dari kebiasaan suka menunda ini? Wah…wah…wah… jangan tanya aku. Aku aja juga masih susah nih menghindari sifat yang satu ini. Ini aja aku sedang menunda tugas. Wkwkwk… Tapi mungkin, salah satu cara biar kita bisa lepas dari sifat ini yaitu perbaiki niat.

Emang sih ya, ngumpulin niat nih susah banget. Susah rasanya mengontrol mood biar jadi semangat ngerjain tugas. Siapa coba yang suka tugas? Tapi, coba tanamkan pola pikir yang kayak gini:

‘Kalo gak dikelarin sekarang, kapan having fun-nya?’

Mungkin cara itu bakalan ampuh. Secara, siapa sih yang gak suka untuk having fun? Secara gak langsung mungkin kita jadi lebih termotivasi buat ngelarin tugas yang gak ada habis-habisnya. Yang penting tugas cepat kelar, having fun-nya segera datang. Yeay…

Nah, Silahkan dicoba caranya. Semoga ampuh. Kalo masih gak ampuh juga, ya… berarti kesalahan hanya pada manusia semata. Karena akupun kadang juga mengalaminya. Tapi bukan berarti jadi alasan untuk pembenaran atas sikap kita yang salah. Semangat ya… buat kita yang tengah melawan sikap suka menunda. 

Good Luck! Fighting!


Komentar