Langsung ke konten utama

Dunia Tanpa Internet


Jawab pertanyaan ini dengan jujur ya?
Pernah gak sih, kalian ngebayangin dalam jangka waktu yang lama, gak bisa internetan sama sekali?

Aku pernah. Bukan ngebayangin lagi. Tapi ngerasain sendiri secara langsung. Gak bisa buka twitter, facebook, searching something on google, or maybe writing in this blog. Rasanya tuh bingung banget. Apa yang mesti dikerjain saking gak ada kerjaan berat yang bisa ditangani. Gimana gak ada? Udah pada kelar semua. Sedangkan semua rasa kepo udah gak bisa dibendung lagi. Bosen?


Udah pasti.

Tapi apalah daya, aku tak punya kuasa tuk hadapi masalah ini (bahasanya… so(k) puitis). Anyway, kenapa gak ke warnet? Kenapa gak internetan pake smartphone? atau di tab aja? Sabar-sabar. Pertanyaan di jawab satu-satu.

Jawaban pertama, kenapa gak ke warnet? Males banget rasanya kesana. Udah kayak perjalanan mendaki gunung lewati lembah. Eh, tapi seriusan sih. Sebab kondisi geografis di sekitar rumah emang jalannya naik turun. Satu, warnet udah mulai jarang, soalnya orang udah bisa internetan di rumah sendiri. Kedua, kasian uang. Uang cuma Rp 5.000 kalo dipake internetan 1 jam berarti sisa Rp 2.000 di kantong. Ketiga, gak bebas. Gak kayak kalo internetan di rumah. Mau satu jam, dua jam, tiga jam, Bodo amat. Toh juga udah bayar bulanan.

Jawaban kedua ama ketiga digabung aja ya 😁
Kenapa gak internetan pake smartphone? Atau kenapa gak pake tab? Kenapa ya? Soalnya aku gak punya salah dua diantara mereka. Iya, aku gak punya dua-duanya. Ngenes juga sih. Jaman secanggih ini, tapi smartphone gak punya, tab juga gak punya. Sebenernya bisa sih minta ke ortu. Tapi aku gak mau. Aku pengen beli pake duitku sendiri. Yah… meskipun, gak tau kapan bisa kebeli. Yang pasti lama banget. Atau jangan-jangan pas mau beli udah bukan jamannya lagi.


Hiks…

Well, gak ada internet emang lumayan sengsara sih. Hitung-hitung, gak ada bedanya ama jaman dulu. Jaman pas belum ada internet, atau jaman pas internet gak secanggih sekarang.

Cuma dampaknya, kita jadi bisa punya banyak waktu untuk ngapain aja. Kalo misalkan kamu hobi nulis cerpen atau apapun itu, manfaatin waktu-waktu gak ada internet buat nulis. Kalo kamu hobi bikin prakarya, saatnya kamu cari barang-barang yang setidaknya bisa kamu pake buat create something.

Kalo kamu hobi travelling atau kuliner, wah ini nih. Pake waktunya buat berburu tempat baru yang unik, atau cari tempat makan yang enak, tapi juga murah (p.s: jangan lupa share dan rekomendasiin ya). Kalo kamu hobi ngelamun, terserah kamu aja waktunya mau dipake buat apa. Mungkin ngelamunin dia yang ada dipikiranmu saat ini. Ngelamunlah sepuasnya. Barangkali setelahnya dapat pencerahan kan dan jadi tau mau ngapain?

Dari banyak watu untuk ngapain aja, kita bisa jadi lebih aktif, produktif, mengenal lingkungan baru, bertemu siapa aja, dan pastinya banyak waktu untuk keluarga juga. Jadi sebenernya, gak ada internet juga gak sengsara-sengsara amat. Intinya sih ambil sisi positifnya aja. Saat kamu mulai bosan, saatnya kamu beraksi.

Jadi, siap gak kamu kalo sewaktu-waktu gak bisa internetan sama sekali?


Komentar